Wednesday 25 July 2018

Pengertian Mengukur dan Pengukuran Fisika

Pengertian Mengukur

Secara umum menurut para ahli arti mengukur adalah membandingkan suatu nilai standar dengan nilai yang akan diukur. (kutipan : pengertian pengukuran, penilaian dan evaluasi dalam pendidikan)

Dalam proses pengukuran objek yang diukur bukan hanya dapat mengukur hal yang tampak saja seperti panjang dan berat benda, namun dapat juga mengukur benda-benda yang dapat di bayangkan seperti kepercayaan konsumen, minat terhadap suatu bidang pekerjaan dan lain-lain.


Pengukuran Fisika dan bukan Fisika

Pengukuran Fisika
Dalam pengukuran fisika memiliki nilai standar yang disebut besaran pokok dan besaran turunan. Sehingga semua alat ukur fisika memiliki satuan hanya dalam lingkup besaran pokok dan besaran turunan. Jadi pengertian mengukur menurut fisika adalah membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran pokok atau besaran turunan.
contoh : 
  1. Berat buah kelapa sekitar 2 hingga 3 kg adalah pengukuran fisika karena satuan kg merupakan besaran pokok fisika
  2. Energi listrik yang dipakai satu hari 10 kWh adalah pengukuran fisika  karena satuan kWh merupakan besaran turunan fisika
  3. Harga batu kapur 2 kg adalah Rp 10.000, pada satuan kg adalah pengukuran fisika karena kg merupakan besaran pokok fisika dan pada satuan Rp bukan pengukuran fisika karena Rp merupakan satuan mata uang.
Pengukuran Bukan Fisika
Setiap aktivitas manusia selalu melakukan pengukuran, sebagai contoh untuk berjalan manusia melakukan pengukuran jarak oleh mata, sehingga saat kaki melangkah dapat memperoleh keseimbangan atau tidak menabrak dinding karena menjaga jarak, demikian juga saat seseorang memanggil, seorang anak dapat memperkirakan arah temannya memanggil. 

Pada pengukuran bukan fisika nilai standar sebagai pembanding bukan besaran pokok atau besaran turunan, tetapi nilai standar lainnya sesuai objek yang diukur. Pada bidang ekonomi, ukuran standar orang yang banyak harta adalah mata uang, misalkan seseorang disebut milyader karena orang tersebut punya uang yang jumlahnya milyaran rupiah (ID) atau jutaan dollar (US). 


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.