Sunday 28 January 2018

Pengertian dan Jenis Gelombang

Pengertian Gelombang

Gelombang merupakan getaran yang merambat. Untuk terbentuknya getaran memerlukan energi, maka bisa dikatakan gelobang juga merupakan energi yang merambat atau berpindah.


Jenis Gelombang berdasarkan medium perambatannya

  1. Gelombang Mekanik adalah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium atau penghantar untuk dapat merambat. Contohnya gelombang laut membutuhkan air untuk merambat, gelombang bunyi membutuhkan udara untuk merambat.
  2. Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dalam perambatannya tidak membutuhkan medium. Contohnya gelombang radio dan  sinar matahari

Jenis Gelombang berdasarkan arah rambatannya
  1. Gelombang Tranversal adalah gelombang yang arah getar dari tiap titik partikel dalam medium, tegak lurus dengan arah perambatan gelombang. Contohnya gelombang cahaya, gelombang permukaan air, dan gelombang pada tali.
  2. Gelombang Longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya searah dengan arah rambatannya. Contohnya gelombang pada pegas (slinki) dan gelombang bunyi.

Jenis Gelombang berdasarkan amplitudonya

  1. Gelombang berjalan adalah gelombang yang dimana amplitudonya pada setiap titik adalah sama. Contohnya seperti: gelombang yang ada pada tali dan permukaan air.
  2. Gelombang berdiri/gelombang stasioner adalah gelombang yang amplitudonya disetiap titik berbeda (kebalikan dari gelombang berjalan). Gelombang ini akan dihasilkan oleh interferensi dari 2 buah gelombang yang amplitudo (A), panjang gelombang, dan frekuensi sama (F), serta berlawanan arah .



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.