Monday 24 July 2017

Pusat Massa dan Titik Berat

Pusat Massa
Pada dasarnya sebuah benda terdiri atas partikel-partikel dengan jumlah tak terhingga yang masing-masing partikel mempunyai massa tertentu. Massa sebuah benda merupakan jumlah dari massa partikel penyusunnya dan seakan berpusat pada sebuah titik. Maka Pusat Massa Benda adalah sebuah titik pada benda dimana massa semua penyusun benda dianggap berpusat pada titik tersebut. Pusat massa kubus homogen digambarkan sebagai berikut :





(benda homogen adalah benda yang memiliki penyebaran susunan partikel yang serba sama dan rata untuk setiap bagian benda)


Titik Berat
Selain memiliki pusat massa, karena benda dipengaruhi gravitasi maka benda memiliki titik berat. Titik Berat Benda adalah sebuah titik pada benda dimana gaya gravitasi dianggap menarik benda dari titik tersebut.  Letak titik berat tergantung pada bentuk benda, benda 2 dimensi homogen yang tidak teratur bentuknya dapat ditentukan dengan contoh percobaan berikut :





Benda homogen yang memiliki bentuk khusus seperti kubus dan persegi terletak pada perpotongan diagonal seperti pada gambar berikut:


dan berikut ini contoh titik berat dari benda yang bentuknya tertentu dan homogen.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.